Wednesday, May 07, 2008

membaca 2 majalah

judul posting yang aneh. ga menarik, biasa banget ya...tapi gimana lagi memang aku mau cerita saat aku membaca majalah. tepatnya membaca 2 majalah

begini ceritanya...(jadi seram)

waktu baru menunjukkan jam 10 pagi. berarti baru 2 jam aku di kantor, tapi rasanya seperti sudah 2 jam juga. ngantuk banget. mata berat, badan pegal, wah payah ... padahal harus baca 125 artikel chemical abstract tentang nanoteknologi. subhanallah, sudah vocabulary-nya susah, tulisannya kecil-kecil. sudahlah. aku angkat tangan...

akhirnya, aku putuskan jalan-jalan di komplek perkantoran ini. terus aku menuju perpustakaan lantai 5. sepertinya langkahku memang digirng kesana..(kayak apa aja). aku lihat rak majalah-majalah terbaru bahkan banyak yang pastinya belum beredar dipasaran. hal ini karena setiap majalah yang memiliki ISSN, disyaratkan untuk menyerahkan dua eksemplarnya ke LIPI setiap mau terbit. jadinya, aku bisa dapatkan semua najalah yang terbit di indonesia. asyik kan....

aku cari yang menarik. dan eng ing eng (deni banget hehehe..) ada 2 majalah yang menarik. mungkin bisa jadi referensi bacaan temen-teman. nah ini baru cerita yang sebenarnya. semacam studi perbandingan 2 majalah. itung-itung latihan jadi peneliti bidang informasi

yang pertama majalah terbitan sumatera barat, padang tepatnya. judul majalahnya "TASBIH, sucikan nama Rabbmu yang maha tinggi". wahh..keren. isinya cukup beragam. cover storynya tentang tim nasyid Al-Hamas. nasyid urang awak. ada juga bahasan tentang hadist, english corner, kolomnya Fauzil Adzim dan Habiburrahman ES. banyak juga lho iklan di dalamnya. ada garuda food, republika, sampai iklan partai politik (btw aq baru tau lho, kalo sekarang bintang bulan, dulu bukannya bulan bintang. kuper ya....).
dari isi majalah dan gaya bahasanya, sepertinya ditujukan untuk pemuda. cukup bagus. cuma sayang, layout dan kertas yang digunakan kurang menarik. masih seperti majalah anak sekolah (mengingatkanku pada majalah sma-ku dulu).

berbeda sekali dengan majalah kedua yang aku baca. kalo yang pertama cuma 15 menit sudah kulahap smua isinya (karena sebagian besar halaman hanya aku baca judul dan beberapa paragrapnya), yang kedua aku butuh dua hari. sampai majalahnya aku bawa pulang.

nama majalahnya MADINA. covernya lux, kertasnya semua full color. bahasan utamanya : halal haram ayat-ayat cinta.judul artikel yang tertulis di cover cukup persuasif dan membuat penasaran untuk tau isinya, seperti film dan islam : maksiat, syariat atau siasat?, tuhan funky dian sasatro, fikih poligami, batman vs aqidah, kartini dan islam. isi di dalamnya juga seru. ada bahsan palestina. tulisan tentang karen amstrong (kenal kan? ga ya?)dan benny moris. menarik. bahasanya berkelas, walaupun bagiku ada beberapa terasa cenderung "cukup bebas". jadi penasaran juga siapa sih yang nerbitin? dan sekali lagi, eng ing eng, yayasan universitas paramadina.ooooooooooo...salut. pengen juga punya majalah sekeren ini.

cukup sekian ceritanya. yang mau tau detail isinya, request padaku aja. inya Allah di jawab.mohon maaf bila da kesalahan. wassalamu'alaikum wr wb (?????)