Thursday, February 21, 2008

Bagaimana mencari informasi dan literatur ilmiah secara online ?

Bagi yang malas ke perpustakaan, biasanya akan mengandalkan pencarian informasi secara online. Situs google memang yang paling favorit, hanya dengan menuliskan kata kunci, ribuan informasi akan muncul di hadapan kita. Dan seringkali kita sudah puas dengan apa yang google berikan. Padahal informasi yang disajikan di internet belum tentu benar, apalagi untuk keperluan ilmiah.

Baru-baru ini, satu lembaga internasional melarang para penulis dan wartawan menggunakan referensi sumber online yang belum tentu benar, salah satunya info dari wikipedia. Kenapa? Ya karena di internet, orang bisa menulis apa saja, tapi belum tentu benar. Oleh karena itu untuk keperluan riset dan publikasi ilmiah, referensi yang kita dapat secara online harus berasal dari situs yang dapat dipertanggung jawabkan dan diakui secara internasional keakuratan informasinya.

Sebenarnya google tetap merupakan gerbang yang paling mudah, ketika kita tidak tahu situs ilmiah yang informasinya akurat itu apa saja. Namun, banyak yang belum memanfaatkan situs google dengan optimal. Bukan hanya google.co.id atau google.com, melalui situs ini kita bisa melacak banyak situs-situs lain yang akan menyajikan informasi ilmiah, jurnal, paten, dll. Ada yang bayar, tapi banyak sekali yang gratis.

Berikut beberapa tips dan situs yang bisa dicoba :
1. google.co.id atau google.com
Untuk informasi umum, informasi penunjang dengan menuliskan kata kunci. Tapi kalo untuk referensi utama, pastikan dulu sumbernya bisa dipercaya atau tidak. Misal kalo link ke situs lembaga pemerintah, kemungkinan besar bisa dipertanggung jawabkan. Contoh publikasi dari litbang-litbang departemen, LNPD dan universitas.
Atau bisa juga swasta, lembaga riset lainnya, asal yakin informasinya akurat.

2. google dengan advanced search
Disini bisa pilih hasil seperti apa ynag diinginkan secara lebih mendalam.
Misal ingin format PDF, bahasa Indonesia aja, dari seluruh dunia, dll.
Di bagian bawah halaman ada link ke Topic-specific Searces untuk pencarian lebih spesifik :

Google Book Search - Search the full text of booksNew!
Google Code Search - Search public source code
Google Scholar - Search scholarly papers
Google News archive search - Search historical news

dan beberapa link yang lain.

3. google untuk mencari situs lain
Gunakan kata kunci dari situs yang kita inginkan, misal :
- patent search atau coba pakai tanda petik ”patent search”
Akan keluar situs penyedia informasi paten seluruh dunia, ada WIPO, USPTO, dll.
Coba aja klik, terus ikuti langkah-langkah selanjutnya di situs tersebut.
- free journal
Akan keluar penyedia artikel dan jurnal gratis. Ada yang hanya abstraknya aja terus akan di link ke situs sumbernya, atau ada juga yang menyediakan full text gratis. Akan lebih baik bila jenis jurnalnya juga ditentukan, misal food journal,
kita akan di link ke salah satunya asia food journal

4. Situs favorit
Bila temen2 sudah mencoba cara-cara tadi, jangan lupa untuk meyimpan alamat situs tersebut, jadi nanti kalo dibutuhkan tidak perlu melalui google lagi, tapi bisa lagsung akses ke webnya. Berikut beberapa web menarik yang telah saya temukan dan akhirnya menjadi situs favorit saya,
lainnya cari sendiri ya….

www.doaj.com
singkatan dari direct open access journal, banyak link ke jurnal gratis, tetapi kebanyakan ga fultext hanya abstrak, tapi lumayan banget

www.esp@cenet.com
untuk paten (ctt : untuk paten sama seperti jurnal, satu situs tidak memuat semua paten secara lengkap, jadi coba cari situs lain)

http://www.pdii.lipi.go.id/

Ini adalah situs perpustakaan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI.
Kenapa saya rekomendasikan?
Karena bisa di akses online daftar koleksinya dan sebagian besar karya ilmiah LIPI bisa diakses fulltext PDF secara gratis dari internet. Temen-temen klik catalog, terus cari berdasarkan kategori. Mau buku, jurnal, tesis, dll.


Oh ya... yang istimewa perpustakaan ini memiliki koleksi tesis dan disertasi dari sebagian besar universitas di Indoensia, memiliki semua laporan penelitian nasional seperti laporan penelitian hibah bersaing dari semua lembaga (LIPI, BPPT, LAPAN, Litbang Deptan,dll) dan universitas-universitas. Ada juga koleksi khusus ibu dan anak yang sangat menarik.
Untuk yang tidak tersedia fultext gratis, setelah pasti ada artikel yang temen-temen cari, bisa datang langsung ke perpustakaanya di gedung. Alamatnya

PDII LIPI Jl Gatot Subroto No 10 Jakarta
(depan Hotel Kartika Candra atau depan SCTV sebelum pindah)
Open akses untuk umum.

Selain yang gratisan tadi, dari jurnal-jurnal di internet, ada juga yang harus bayar atau berlangganan seperti www.csa.com, info jurnalnya lengkap, tetapi temen2 harus member dulu, atau jadi member dari institusi yang sudah berlangganan, karena untuk akses ada username dan paswordnya.

Gimana? Mau mencoba....
Jangan menyerah, apalagi copy-paste tinpus kakak kelas. Ga keren............

Kalo dah mencoba dan masih ada kesulitan, PDII LIPI memiliki jasa layanan penelusuran ilmiah. Temen2 bisa kirim email ke
info@pdii.lipi.go.di atau penelusuran@yahoo.com. Bisa juga telp ke 021 5733465 ext 403 atau minta disambungkan ke Sub Bidang Penelusuran PDII (ibu cici atau stafnya). Atau bisa juga datang langsung, ngobrol agar bisa benar-benar paham apa yang temen-temen cari. Kasih tau, tentang apa yang dicari.

Kalo bahan yang dicari sudah ketemu, tinggal pilih mau di email atau dikirim pos. Biasanya akan diminta ganti biaya fotokopi, scan kalo harus scan terus di email dan biaya kirim. Biayanya akan dikonfirmasi dulu, bersedia atau tidak dengan biaya segitu, jadi coba aja, hasil yang di dapat cukup lengkap dan akurat, karena dilakukan oleh orang yang berpengalaman dengan sumber dari dalam dan luar negeri. So, bisa dipertanggungajwabkan dan dijamin murah.

Selamat mencoba !!!

Tolong info ini diteruskan ke sebanyak mungkin temen-temen anda. Terimakasih